TIM DOSEN PENDIDIKAN GEOGRAFI SIAPKAN PROGRAM GEOGRAPHY PARTNER SCHOOLS (GPS)

15GPS-min.jpg

"GEOGRAPHY PARTNER SCHOOLS"

Sebagai bentuk perhatian Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan keilmuan Geografi, maka muncul sebuah gagasan untuk meningkatkan kompetensi guru geografi disertai pengembangan Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana (SWALIBA). Salah satu program yang menjadi wadah utama untuk merealisasikan gagasan tersebut adalah melalui program Geography Partner Schools (GPS).

Dalam program GPS ini diupayakan untuk mewujudkan Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencanan (SWALIBA) tersebut. Adapun visi yang diusung adalah :“Terwujudnya sekolah inovatif yang mampu memiliki wawasan tentang lingkungan hidup dan tangguh terhadap mitigasi bencana di Indonesia".

Sasaran utama program GPS ini adalah guru Geografi dan siswa, terutama tingkat SMP dan SMA sederajat. Tujuannya antara lain sebagai upaya membangun kemitraan (partnership) dalam menyelenggarakan sekolah berwawasan lingkungan dan mitigasi bencana, serta sebagai partner guru dan siswa dalam mengedukasi masyarakat peduli lingkungan dan tanggap bencana.

Adapun untuk mewujudkan rencana program ini, tim dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi dan bekerjasama dengan pihak alumni, terutama alumni yang berprofesi sebagai guru. Untuk Alumni non guru, juga akan dilibatkan pada program-program terkait, sebagaimana hasil kesepakatan bersama setelah acara launching program GPS nantinya.HH.