MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI LULUS SELEKSI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) DIKTI 2019

95pkm geo.jpg

Program Kreativitas Mahasiswa merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Direktur Jendral Pembelajaran dan Mahasiswa Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Dirjen Belmawa Ristek Dikti). Kegiatan ini terbuka untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kreatifitas mahasiswa terutama dalam kegiatan penulisan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan PKM untuk pendanaan tahun 2019, diikuti oleh beberapa kelompok mahasiswa Universitas Hamzanwadi. Namun berdasarkan hasil pengumuman, hanya 6 kelompok mahasiswa yang lolos seleksi dan didanai. Salah satu kelompok pemenang berasal dari kelompok mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Geografi. Satu kelompok mahasiswa ini terdiri dari 4 (empat) orang, antara lain: Siti Anisa Ikhwan sebagai ketua, sementara anggotanya terdiri dari Anja Bebiyana Sukma, Uswatun Hasanah Hadi dan M. Jaelani Ramadan.

Kegiatan PKM ini mengambil tema Sarana Informasi Belajar Literasi Masyarakat (SIBAD LIMA) Desa Kelungkung, Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Beberapa program yang dicanangkan dalam kegiatan ini antara lain pojok literasi, saung edukasi, sekolah alam, dan klinik inovatif. Ke empat program ini bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat di desa Klungkung. Sasaran utama kegiatan ini adalah seluruh lapisan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja dan orang dewasa.

Dengan dilakasanakannya kegiatan PKM ini, diharapkan semoga kondisi literasi masyarakat di Desa Kelungkung akan meningkat. Terutama kemampuan membaca dan menulis serta meningkatnya minat baca tulis. Dengan demikian, wawasan masyarakat tentunya akan meningkat. Sehingga baik secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada taraf kehidupan mereka yang lebih baik.