GEODIKA RAIH PERINGKAT 4 AKREDITASI JURNAL ILMIAH NASIONAL

Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi” berhasil meraih status TERAKREDITASI PERINGKAT 4 (SINTA 4). Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Univeristas Hamzanwadi ini ditetapkan status akreditasinya berdasarkan surat Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan dengan nomor surat B/4130/E5/E5.2.1/2019 tentang Pemberitahuan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode VII Tahun 2019. Surat ini diterbitkan per tanggal 31 Desember 2019. Penetapan status ini tentunya didahului oleh proses pengajuan akreditasi melalui laman ARJUNA (Akreditasi Jurnal Nasional).

Sebagai informasi, bahwa per tanggal 26 Desember 2019 tim reviewer ARJUNA berhasil menetapkan 1.005 jurnal terakreditasi periode 7 (Terakhir 2019) dan 489 jurnal yang secara administratif tidak memenuhi persyaratan untuk dinilai, sehingga total jurnal yang terakreditasi sebanyak 4.602 jurnal, termasuk di dalamnya Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi.

Hasrul Hadi, M.Pd. selaku Editor in Chief Geodika yang juga sebagai dosen Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi menyampaikan rasa syukurnya atas capaian tersebut. Ia menyatakan bahwa untuk sampai pada peringkat 4 tidak lah mudah. Perlu kerja keras dan kerjasama dengan berbagai pihak, mulai dari unsur pimpinan, pengelola jurnal, tim editor, para dosen, mahasiswa dan pihak-pihak yang berkontribusi lainnya agar dapat menghasilkan nilai yang maksimal dalam akreditasi. Meskipun hanya berhasil pada peringkat 4 (SINTA 4), namun patut disyukuri mengingat ini adalah kali pertama (perdana) pengajuan akreditasi jurnal Geodika.

Keluarga besar Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi juga tentu bersyukur. Hal ini sebagai indikasi baik terutama dalam meningkatkan kualitas penelitian maupun publikasi karya ilmiah dosen, baik di lingkup program studi pendidikan geografi maupun bagi para penulis dari institusi lainnya.