ANJA, MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI SEBAGAI PEMBICARA TERBAIK PADA AJANG ADU JAK GENRE 2019

“ADU JAK GenRe 2019” merupakan singkatan dari Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja Generasi Berencana 2019. Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan GenRe yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Kali ini acara ADU JAK GenRe 2019 diselenggarakan di Hotel Ciputra, Jakarta dan berlangsung dari tanggal 16 sampai 20 Desember 2019 dengan acara puncaknya yaitu Penobatan Duta Generasi Berencana Tingkat Nasional. Acara ini merupakan salah satu upaya peningkatan pelibatan remaja secara bermakna di Pusat Informasi dan Konseling Remaja. BKKBN bekerja sama dengan Forum GenRe Indonesia menggagas acara ini untuk mengajak generasi muda khususnya Duta GenRe tiap provinsi yang terlibat agar menumpahkan dan mewujudkan berbagai ide.

Salah satu rangkaian acara yang dilaksanakan dalam kegiatan ini yaitu Youth Parallel Session “Voice Your Right”. Pelaksanaan sesi ini dihajatkan untuk mengeksplorasi pengalaman dan aspirasi remaja di setiap daerah yang diwakili oleh duta GenRe dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh berbagai utusan Duta GenRe dari masing-masing daerah yang sebelumnya telah lulus seleksi abstrak. Salah satu peserta yang mengikuti sesi ini adalah Anja Bebyana Sukma. Ia adalah seorang mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Hamzanwadi. Pada kesempatan tersebut, Anja sapaan akrabnya yang juga anggota PIK-R Hamzanwadi ini, berhasil dinobatkan sebagai pembicara terbaik atau The Best Speaker.

Anja merasa bersyukur dan menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya melalui akun media sosial facebook miliknya. Sebelum sampai pada titik penobatannya sebagai juara, ia melewati parjalanan yang tidaklah mudah. Dalam status facebooknya, Ia menuliskan “Youth Parallel Sharing Session "Voice Your Right," Saya mengikuti seleksi yangg lumayan dramatis temen-temen sehingga bisa dititik ini. Jadi saya mengirim abstrak tentang kegiatan di @pikrhamzanwadi dan dari beberpa ratus peserta se-Indonesia Alhamdulillah kegiatan @pikrhamzanwadi yang terpilih, maha baik Allah dengan segala nikmatnya.” Demikian tulis Anja mengawali status facebooknya.

Hal ini tentu menjadi kebanggan tersendiri tidak saja bagi Anja, tapi juga bagi segenap keluarga besar Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi khususnya serta tentunya provinsi NTB sebagai daerah yang diwakilinya.