AHMAD JAELANI RAMADHAN, MAHASISAWA PENDIDIKAN GEOGRAFI RAIH JUARA 3 LOMBA KALIGRAFI ARAB

Salah satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi yakni Ahmad Jaelani Ramdan (Pertama dari kanan pada gambar) berhasil meraih juara 3 lomba kaligrafi Arab pada ajang Festival Gurun Pasir 2019. Festival Gurun Pasir 2019 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor. Dengan mengusung tema “Pesona Belajar Bahasa Arab untuk Membentuk Generasi Milenial yang Berintegritas”, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan beberapa perlombaan baik di tingkat siswa maupun mahasiswa. Kegiatan yang dipusatkan di Pancor, Lombok Timur ini dilaksanakan selama sepekan, yakni dimulai dari tanggal 11 sampai 17 Desember 2019.

Beberapa mata lomba yang dilombakan antara lain untuk tingkat SMA/MA/Sederajat dengan mata lomba Pidato Bahasa Arab dan Ghina’ul Arab (Karaoke). Sementara itu, untuk tingkat mahasiswa/i yaitu mata lomba Iklan Bahasa Arab, Ghina’ul Arab (Karaoke), Cerpen Bahasa Arab, dan Kaligrafi Arab. Pada kesempatan ini, Jaelani sapaan akrabnya mengikuti lomba kaligrafi arab. Ia mengikuti seluruh rangkaian proses perlombaan mulai dari tahap pendaftaran sampai pada akhirnya ia dinobatkan sebagai juara 3 setelah melalui proses penilaian dewan juri.

Meski hanya mampu meraih juara 3, namun ia tetap bersemangat dan optimis serta bertekad akan terus berlatih. Dengan mengikuti event-event seperti ini ia berharap keterampilannya dalam bidang kaligrafi akan terus semakin terasah. Sehingga ia dapat menghasilkan karya-karya kaligrafi yang berkualitas. Meskipun demikian, juara 3 merupakan sebuah prestasi. Tentunya tidak didapatkan dengan cara yang mudah. Dibutuhkan kerja keras dan konsistensi dalam berlatih untuk sampai pada titik itu. Capaian prestasi Jaelani ini tentunya harus diapresiasi. Karena telah mampu memberikan warna dari ragam prestasi, khususnya bagi Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi.