» Detail Berita

Kamis, 29 Maret 2018 - 10:20:12 WIB
HMPS Pendidikan Geografi adakan kegiatan LKMM di kawasan Kebun Raya Lemor
Diposting oleh : HASRUL HADI, M.Pd
Kategori: Kemahasiswaan - Dibaca: 109 kali

Sebagai agenda tahunan, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Geografi kembali menyelenggarakan kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad, 25 Maret 2018, bertempat di kawasan Kebun Raya Lemor, Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini mengusung tema “Mewujudkan Mahasiswa Berjiwa Pemimpin yang Berprestasi dan Berdaya Saing”.

Kegiatan ini merupakan program wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Geografi sebagai bekal pengetahuan, wawasan dan keterampilan dalam memimpin dan mengelola organisasi, sehingga dapat dirasakan manfaatnya kelak ketika telah menjalani kehidupan di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, sertifikat kegiatan ini sangat dibutuhkan bagi peserta terutama mahasiswa baru ketika ingin mendaftarkan diri sebagai Ketua Badan Eksekutif (BEM) Mahasiswa, baik di tingkat fakultas maupun universitas.

Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini total berjumlah 21 orang. Antara lain terdiri dari 7 orang mahasiswa semester 2, 13 orang semester 4 dan 1 orang perwakilan semester 6. Semester 2 dalam kegiatan ini disyaratkan sebagai peserta utama, sementara semester 4 dan 6 sebagai panitia dan peserta tambahan. Bisanya materi pada kegiatan ini disampaikan oleh pemateri dari unsur alumni dan dosen (Pembina HMPS). Namun, dalam kenyataannya materi hanya disampaikan oleh Pembina HMPS, dalam hal ini bapak Hasrul Hadi, M.Pd, mengingat perwakilan dari alumni berhalangan hadir dengan alasan satu dan lain hal.

Secara umum, kegiatan ini dibagi ke dalam tiga sesi, pertama sesi pembukaan, sesi pemaparan materi dan diskusi, serta sesi penguatan team work melalui aneka games seru dan menantang. Pembukaan terdiri dari pembacaan shalawat nahdlatain, sambutan ketua panitia dan ketua HMPS Pendidikan Geografi. Setelah itu, sesi pemaparan materi dan diskusi serta kegiatan games langsung dipandu oleh pemateri. Acara kemudian ditutup dengan doa, ramah tamah dan foto bersama.

Keiatan ini memiliki dampak yang cukup positif bagi para peserta, terutama pemahaman dan wawasan mereka tentang kepemimpinan dan manajemen organisasi semakin bertambah. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan rasa kekeluargaan yang erat antar mahasiswa, meskipun mereka berasal dari latar belakang dan angkatan yang berbeda. HH.

 

 

 

 



« Program Studi Pendidikan Geografi launching program Geography Partner Schools PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI ADAKAN WORKSHOP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI BAGI GURU SMA/MA »

Berita Terkait

Ke Atas