Program Studi Pendidikan Geografi launching program Geography Partner Schools
» Detail Berita

Senin, 25 September 2017 - 08:58:00 WIB
Program Studi Pendidikan Geografi launching program Geography Partner Schools
Diposting oleh : HASRUL HADI, M.Pd
Kategori: PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT - Dibaca: 37 kali

Untuk menunjukkan eksistensinya di masyarakat luas, khususnya pada lingkungan sekolah menengah, Program Studi Pendidikan Geografi pada hari Ahad, 24 September 2017 di ruang laboraturium geografi, melaunching program Geography Partner Schools (GPS). Kegiatan ini dihadiri oleh peserta yang terdiri dari guru geografi di tingkat SMA maupun guru IPS terpadu di tingkat SMP, yang seluruhnya merupakan alumni dari Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi dari berbagai angkatan. Sejumlah 25 orang peserta hadir disertai pula dengan kehadiran ketua program studi dan segenap dosen pendidikan geografi.

Kegiatan ini terwujud atas kerjasama dari pihak program studi pendidikan geografi, teknik lingkungan, dan HMPS Pendidikan Geografi. Dalam paparannya, koordinator program GPS, bapak Dr. Armin Subhani, M.Pd. menjelaskan bahwa visi utama dari program ini adalah untuk mewujudkan sekolah inovatif yang mampu memiliki wawasan tentang lingkungan hidup dan tangguh terhadap mitigasi bencana di Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi dari SWALIBA (Sekolah Berwawasan Lingkungan dan Mitigasi Bencana). Oleh karenanya, program ini juga menyasar guru dan siswa sebagai partner dalam mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan dan peduli bencana serta memberikan edukasi kepada masyarakat agar menjadi peduli terhadap lingkungan dan tanggap terhadap bencana.

Program GPS juga diharapkan mampu menjembatani hubungan positif antara Program Studi Pendidikan Geografi dengan para alumninya. Hal ini tentu merupakan sebuah langkah awal yang akan berlanjut pada upaya membangun mitra dengan pihak guru maupun siswa sekolah bukan hanya dari pihak alumni semata. Penguatan karakter peduli lingkungan dan tanggap bencana pada siswa harus dibangun, terutama melalui penguatan pada guru-gurunya. Kemudian ke depan juga melalui sekolah-sekolah berwawasan lingkungan dan mitigasi bencana diharapkan akan menjadi simpul edukasi bagi masyarakat setempat, sehingga kepedulian masyarakat akan lingkungan dan sikap tanggap terhadap bencana menjadi semakin kuat.

Kegiatan Launching Program GPS ini terdiri dari beberapa rangkaian acara, antara lain Pembukaan yang terdiri dari sambutan koordinator GPS Bapak Dr. Armin Subhani dan juga sambutan kaprodi pendidikan geografi Bapak Drs. Suroso, M.Si. selanjutnya acara inti berupa pemutaran video lingkungan dan kebencanaan, sosialisasi program GPS oleh koordinator program, Diskusi Rencana Tindak Lanjut yang dipandu oleh bapak Hasrul Hadi, M.Pd., Pengisian angket untuk menjaring data Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggap Bencana, Prosesi Launching Program GPS secara simbolis, serta terakhir ditutup dengan doa dan foto bersama.

Kegiatan diskusi cukup dinamis. Para peserta banyak memberi masukan terhadap program GPS, serta tidak sedikit pula yang bercerita perihal pengalaman mereka mengajar di sekolah, kaitannya dengan upaya membangun karakter peduli lingkungan dan tanggap bencana pada siswa mereka. Salah satu peserta yang berasal dari daerah terjauh (Sumba Timur) yakni Irwan Daeng, SPd. Menuturkan, “disekolah tempat saya mengajar bukan hanya persoalan lingkungan, tetapi masalah utamanya adalah kenakalan siswa siswinya, sehingga berdampak pula terhadap rendahnya kepedulian mereka terhadap lingkungan, nasehat guru sering kali hanya dianggap angin lalu saja, masuk telinga kanan keluar telinga kiri, begitu seterusnya, sehingga saya pikir program GPS ini sangat penting diterapkan”.

Seluruh rangkaian acara berjalan dengan lancar. Tidak hanya fokus pada pengenalan sekaligus launching program, acara ini juga dijadikan ajang temu kangen (reuni) bagi para alumni Program Studi Pendidikan Geografi dari berbagai angkatan yang sudah sekian tahun tidak pernah bertemu. Berdasarkan hasil diskusi, para alumni sangat mendukung dan mengapresisasi program GPS. Mereka juga berkomitmen untuk secara bersama-sama menjalankan dan mengembangkan program ini sebagai sumbangsih bagi siswa, guru, sekolah maupun bagi masyarakat luas. HH.

 



« Perwakilan Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi Ikuti Ekspedisi Nusantara Jaya 2017

Berita Terkait

Ke Atas