Mengenal Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi
» Detail Berita

Selasa, 02 Mei 2017 - 21:57:03 WIB
Mengenal Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi
Diposting oleh : HASRUL HADI, M.Pd
Kategori: Pengumuman - Dibaca: 141 kali

Universitas Hamzanwadi merupakan salah satu Perguruan Tinggi swasta di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mengusung selogan “Bersaing dan Berbudaya Santri”. Dalam perjalanannya sejarahnya, Universitas Hamzanwadi telah banyak mencetak lulusan berkualitas, khususnya di bidang keguruan. Para alumninya telah mampu memberikan kontribusi nyata di tengah-tengah masyarakat. Terutama dengan mengedepankan profesionalitas dan akhlak mulia sebagai manifestasi “sarjana yang santri”. Tidak hanya itu, berbagai prestasi juga telah banyak ditorehkan oleh mahasiswa, dosen maupun institusi baik di tingkat regional, nasional maupun internasional.

Secara keseluruhan, Universitas Hamzanwadi memiliki empat fakultas dengan 22 Program Studi, salah satunya adalah Program Studi Pendidikan Geografi. Prodi ini merupakan salah satu dari empat prodi yang berada di jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan bernaung di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Beberapa hal yang terkait dengan Program Studi Pendidikan Geografi dapat diuraikan sebagai berikut :

1.  Sejarah Singkat

Secara Historis, Program Studi Pendidikan Geografi resmi berdiri pada tanggal 8 Agustus 2005 dengan Surat Keputusan Pendirian Nomor 2839/D/T/2005 yang ditandatangani oleh Satryo Soemantri Brodjonegoro mewakili Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Penyelenggaraan mulai dilakukan pada bulan Oktober tahun 2005 dan mulai beroperasi setelah terbitnya Surat Keputusan Operasional pada tanggal 12 Juli 2010 dengan Surat Keputusan Nomor 8719/D/T/K-VIII/2010.  

2.  Visi dan Misi

Visi : Pada tahun 2020 menjadi Program Studi Pendidikan Geografi yang mampu menghasilkan Sarjana Pendidikan Geografi yang berdaya saing, beriman dan bertakwa  serta memiliki kepekaan terhadap lingkungan. Misi : 1)Menyelenggarakan perkuliahan pada program studi yang dikaitkan dengan kosmologi islam; 2) Menyelenggarakan penelitian pendidikan geografi sesuai dengan konteks lokal yang mengacu pada kebutuhan global; dan 3) Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan geografi sesuai dengan kebutuhan lokal.

3. Status Akreditasi

Berdasarkan hasil penilaian tahun terakhir dari tim Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang diputuskan melalui Surat Keputusan nomor 242/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/XII/2013, bahwa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi memperoleh status akreditasi ”B”.

4. Fasilitas Pendukung

Beberapa Fasilitas Pendukung Kegiatan Perkuliahan antara lain : 1) Memiliki Ruang Kuliah yang nyaman; 2) Memiliki Ruang Micro Teaching, sebagai pusat peraktik kegiatan belajar mengajar; 3) Memiliki Ruang Laboratorium Geografi, sebagai sarana untuk kegiatan praktikum mahasiswa; 4) Sarana Ibadah; serta sarana dan prasarana lainnya sebagai penunjang dalam meningkatkan kompetensi akademik serta keahlian mahasiswa, baik hard skill maupun hard skill.

5. Staf Pengajar

Staf Pengajar (Dosen) sudah berkualifikasi akademik minimal strata 2 (Magister) dan beberapa diantaranya sedang menempuh pendidikan doktoral. Para Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Geografi telah berpengalaman dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seperti kegiatan Pembelajaran (Pendidikan), Penelitian serta Pengabdian Kepada masyarakat. Sehingga keberadaan (eksistensi) Program Studi Pendidikan Geografi tidak hanya dirasakan di kalangan mahasiswa saja melainkan kontribusinya tersebar luas di masyarakat.

6. Kegiatan Mahasiswa

Beberapa Kegiatan yang dilakukan mahasiswa antara lain 1) Kegiatan perkuliahan di kelas yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan serta pengembangan teori, khususnya terkait dengan bidang pendidikan geografi; 2) Kegiatan perkuliahan di lapangan yang bertujuan meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai materi yang diajarkan di kelas dengan secara langsung terjun ke lapangan agar mendapatkan data dan informasi nyata terkait dengan apa yang dibahas.Kegiatan kuliah lapangan dapat berbentuk Kuliah Kerja Lapangan (KKL), kunjungan lapangan (Field Trip), dan Praktikum lapangan; 3) Kegiatan Organisasi kemahasiswaan bidang pendidikan geografi (HMPS Pendidikan Geografi) : Penulisan Karya Ilmiah, Geo Green Action, Seminar Nasional Geografi, Pengembangan Media Pembelajaran Inovatif, Kreative Geo Art, serta kegiatan-kegiatan lainnya yang berbasis pada penyelesaian masalah dalam bidang pendidikan maupun geografi dengan pendekatan utama secara metodologis menggunakan ilmu pendidikan geografi. 

7. Alumni

Para alumni Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi sebagian besar bekerja menjadi guru di Lembaga Pendidikan Negeri maupun Swasta, terutama di jenjang pendidikan Menengah. Beberapa alumni juga berprofesi sebagai tenaga pendidik (dosen) di perguruan tinggi.  Selain itu, tidak hanya di bidang pendidikan dan keguruan, alumni juga banyak bekerja di sektor non kependidikan, baik masuk dalam struktural kepemerintahan, staf program kementrian, LSM, serta tidak sedikit yang sukses berwirausaha.

8. Contact

Khususnya bagi lulusan SMA/MA yang berminat untuk bergabung dapat menghubungi Contact Person berikut :

HP : 081997905824 (Hasrul), FB : Hasrul Hadi

9. Alamat Sekretariat

Lantai 2 Gedung Rektorat Universitas Hamzanwadi, Jalan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, Pancor-Selong, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Telp. (0376) 21394, Fax (0376) 22954 Fax. (0376) 22954 E-mail : universitas@hamzanwadi.ac.id  Website : http://www.hamzanwadi.ac.id



« Seminar Nasional Geomaritim dan Kongres IMAHAGI ke-XIV Tim dosen Geografi Adakan PKM di kawasan Ekowisata Bagik Kembar »

Berita Terkait

Ke Atas