Seminar Nasional Geomaritim dan Kongres IMAHAGI ke-XIV
» Detail Berita

Selasa, 02 Mei 2017 - 21:42:27 WIB
Seminar Nasional Geomaritim dan Kongres IMAHAGI ke-XIV
Diposting oleh : HASRUL HADI, M.Pd
Kategori: Kemahasiswaan - Dibaca: 179 kali

Mataram-Sebagai bentuk partisipasi sekaligus sebagai bagian dari Ikatan Mahasiswa Geografi Indonesia (IMAHAGI), Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Hamzanwadi Selong mengikuti kegiatan Seminar Nasional dan Kongres IMAHAGI ke- XIV. Rangkaian kegiatan ini dimulai pada hari Kamis 28 April 2016 sampai hari Minggu tanggal 1 Mei 2016 yang dibuka dengan kegiatan Seminar Nasional Geomaritim dan dilanjutkan dengan kegiatan Kongres IMAHAGI ke-XIV, Geo trip dan Green Action. Sebelum acara ini berlangsung, telah dilaksanakan pula berbagai macam kompetisi atau perlombaan terutama di tingkat mahasiswa, seperti Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Infografis, Geo Photo Contest, dan Photo and Poster Exibition. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama IMAHAGI Pusat dan Universitas Muhammadiah Mataram.

Kegiatan Seminar Nasional dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 28 April 2016 dan berlokasi di Aula Sangkareang Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini mengusung tema “Geomaritim: Peran Kreatif dan Inovatif Mahasiswa dalam Mewujudkan Indonesia Negara Maritim”.  Hadir sebagai Keynote Speaker dalam kegiatan ini yaitu Dr. Priyadi Kardono, M.Sc selaku Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), sementara sebagai pembicara diantaranya Dr. Muhammad Gamal Rindarjono, M.Si selaku Sekretaris Ikatan Geograf Indonesia (IGI); Perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi  Nusa Tenggara Barat; dan Sukuryadi, S.Kel,. M.Si selaku salah satu akademisi dari Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiah Mataram.

Secara keseluruhan, peserta yang menghadiri acara Seminar Nasional berjumlah sekitar 400 orang dari utusan beberapa Perguruan Tinggi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Sementara itu, dari STKIP Hamzanwadi Selong sendiri mengutus 14 orang mahasiswa dan satu orang dosen Program Studi Pendidikan Geografi untuk mengikuti kegiatan Seminar Nasional. Adapun untuk kegiatan kongres IMAHAGI ke-XIV diikuti oleh dua orang mahasiswa utusan STKIP Hamzanwadi Selong, dimana kegiatan kongres tersebut berlangsung pada tanggal 29-30 April 2016 di Asrama Haji NTB.

Secara keseluruhan, kegiatan Seminar Nasional Berjalan dengan lancar, masing-masing pembicara membawakan materinya yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Tanya jawab interaktif. Dalam uraiannya, Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) bapak Dr. Priyadi Kardono, M.Sc menegaskan bahwa negara kita Indonesia memiliki kekayaan yang melimpah dilihat dari segi kemaritiman. Ia menegaskan pula bahwa peranan geograf sangat dibutuhkan dalam mengatasi berbagai persoalan kemaritiman terutama terkait dengan konflik keruangan seperti kawasan perbatasan. Selain itu, kekayaan potensi negara kita di bidang kelautan juga sangat penting artinya untuk dikembangkan. Senada dengan hal itu, ditinjau dari sudut pandang dunia pendidikan, Dr. Muhammad Gamal Rindarjono, M.Si juga menegaskan bahwa mengatasi berbagai persoalan kemaritiman tantunya harus dimulai pula dari dunia pendidikan. Ia mencontohkan beberapa kemajuan di beberapa negara di bidang pendidikan khususnya dalam bidang pendidikan ilmu Geografi telah mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan di berbagai bidang termasuk bidang maritim atau kelautan. Pembicara lainnya juga dalam kegiatan ini menguraikan materinya berdasarkan sudut pandang mereka masing-masing. Mereka berupaya mengurai benang kusut berbagai permasalahan yang ada, khususnya di bidang kelautan atau kemaritiman serta berupaya memberikan solusi dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki.

 

 



« Field Trip Geografi di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani Mengenal Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi »

Berita Terkait

Ke Atas