Field Trip Geografi di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani
» Detail Berita

Selasa, 02 Mei 2017 - 21:33:46 WIB
Field Trip Geografi di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani
Diposting oleh : HASRUL HADI, M.Pd
Kategori: Kemahasiswaan - Dibaca: 142 kali

Otak Kokok Joben  - Sebagai tindak lanjut kegiatan seminar dan kuliah umum pada tanggal 10 Januari 2016, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Geografi STKIP Hamzanwadi Selong mengadakan Field Trip (kegiatan lapangan) pada hari Senin, 11 Januari 2016. Kegiatan ini berlangsung di Resort Joben yang masuk ke dalam Seksi Pengelolaan Wilayah II Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Kawasan Taman Nasional ini meliputi tiga desa, yaitu Desa Peringgajurang, Desa Montong Betok dan Desa Montong Gading. Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang peserta yang didampingi oleh 3 orang dari unsur dosen dan alumni. Peserta kegiatan ini khususnya merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Hamzanwadi Selong, dari 3 angkatan yaitu semester 2, 4 dan semester 6.

Sebagai upaya memahami lebih dalam mengenai upaya konservasi di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, kegiatan ini mengusung tema “Biodiversity di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani”. Sebagai misi utama dari kegiatan ini adalah dapat disusunnya sebuah buku oleh peserta yang membahas mengenai keanekaragaman hayati di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Khususnya di Kawasan Resort Joben. Terlebih dahulu, telah disiapkan lembar observasi dan wawancara terkait berbagai hal yang menyangkut keanekaragaman hayati di lokasi field trip.

Kegiatan awal dimulai dengan pembentukan kelompok yang dipimpin langsung oleh koordinator lapangan dari unsur panitia. Selanjutnya ada beberapa pengarahan yang disampaikan dosen maupun alumni guna kelancaran acara ini. Acara inti berupa penyampaian beberapa informasi penting oleh pemandu. Sebagai pemandu hadir dari pihak pengelola Taman Wisata Gunung Rinjani khususnya di resort Joben, yaitu bapak Wasmat. Setelah menyampaikan informasi penting, maka dilakukan kegiatan pengenalan flora dan fauna serta berbagai hal yang terkait dengan keanekaragaman hayati di kawasan resort Joben Taman Nasional Gunung Rinjani. Pemandu menjelaskan berbagai macam jenis tanaman maupun hewan yang hidup di lokasi ini, sementara para peserta field trip mencatat penjelasan, sambil sesekali bertanya dan mengamati jenis flora dan fauna yang dijelaskan.  Adapun flora dan fauna tersebut sebagian besarnya murni berasal dari lombok, meski ada beberapa flora yang menurut penuturan pak Wasmat berasal dari luar pulau.

Kegiatan field trip dimulai dari kawasan sekitar lokasi perkemahan dan berakhir di lokasi wisata pemandian dan air terjun Otak Kokok Joben. Sambil menyusuri kawasan hutan, melewati perbukitan maupun anak sungai, meski cukup menguras tenaga, para peserta tetap antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini. Acara ditutup dengan kegiatan evaluasi dan pengarahan dari pendamping. Sebagai hiburan, sebelum akhirnya kembali ke kempus, para peserta menikmati jernih dan segarnya air kolam dan air terjun di lokasi wisata Otak Kokok Joben, sehingga para peserta seolah diterapi dan terbebas dari rasa lelah yang dialaminya.

***



« Seminar dan Kuliah Umum Geografi Seminar Nasional Geomaritim dan Kongres IMAHAGI ke-XIV »

Berita Terkait

Ke Atas