» Detail Berita

Senin, 27 Mei 2019 - 08:30:40 WIB
HMPS PENDIDIKAN GEOGRAFI ADAKAN MUSYAWARAH MAHASISWA
Diposting oleh : HASRUL HADI, M.Pd
Kategori: Kemahasiswaan - Dibaca: 150 kali

Himpunan mahasiswa program studi (HMPS) Pendidikan Geografi kembali melaksanakan kegiatan musyawarah mahasiswa. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai dari acara pembukaan pada hari Sabtu 25 Mei 2019 dan berakhir dengan penutupan sekaligus buka puasa bersama pada hari Ahad 26 Mei 2019. Mengusung semangat kepemimpinan, kegiatan yang berlokasi di Laboratorium Geografi ini mengusung tema “Urgensi kepemimpinan dalam pengembangan organisasi sebagai wadah perubahan mahasiswa pendidikan geografi”.

Kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan kepengurusan HMPS berikutnya agar lebih baik lagi dalam menjalankan roda organisasi. Dalam kegiatan musyawarah mahasiswa tersebut dibahas mengenai Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART), Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO), dan Rekomendasi. Selain itu, dalam musyawarah tersebut juga terdapat agenda penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pengurus sebelumnya (periode 2018-2019). Melalui dokumen hasil musyawarah dan LPJ tersebut kemudian dapat dijadikan acuan bagi pengurus selanjutnya agar lebih mudah dan lebih baik lagi dalam menjalankan roda organisasi HMPS Pendidikan Geografi.

Unsur mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini meliputi pengurus HMPS lama (periode 2018-2019) dan anggota yang keseluruhannya merupakan mahasiswa program studi pendidikan geografi universitas hamzanwadi. mahasiswa sebagai peserta kegiatan yang terlibat terdiri dari semester 2, 4, dan 6. Sementara semester 8 tidak terlibat mengingat sedang fokus menyelesaikan tugas akhir. Namun demikian, untuk kegiatan pembukaan tentunya dihadiri oleh pengisi acara maupun peserta yang lebih variatif. Antara lain dihadiri langsung oleh Ketua Program Studi, Pembina HMPS, dan dosen pendidikan geografi. Sementara itu undangan dari unsur mahasiswa dihadiri oleh perwakilan pengurus BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi (FISE), HMPS Pendidikan Sejarah, dan HMPS Pendidikan Fisika di lingkungan Universitas Hamzanwadi. Begitu pula dengan kegiatan penutupan, selain dihadiri oleh peserta dari kalangan mahasiswa, juga dihadiri oleh kalangan dosen dan alumni karena dirangkaikan dengan buka puasa bersama.

Jika diurutkan, kegiatan musyawarah mahasiswa ini dibagi menjadi tiga fase kegiatan. Yakni, pembukaan, musyawarah mahasiswa, dan penutupan. Pada kegiatan pembukaan terdapat beberapa sambutan seperti dari pembina HMPS dan Ketua Program Studi Pendidikan Geografi. Pembina HMPS dalam hal ini bapak Hasrul Hadi, M.Pd. menekankan pentingnya semangat persatuan, persaudaraan dan kebersamaan dalam menjalankan roda organisasi HMPS. Selain itu juga tak kalah penting bagaimana semangat kerja keras pantang menyerah harus dibangun dan dikokohkan pada diri setiap mahasiswa. Sehingga diharapkan lebih siap menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks. Senada dengan itu, Ketua Program Studi Pendidikan Geografi bapak Dr. Armin Subhani, M.Pd juga menekankan pentingnya pemikiran dan aksi yang dilandasi oleh tiga elemen penting yaitu budaya santri, optimisme dan semangat berprestasi. Sementara pada kegiatan inti, (musyawarah mahasiswa) dilakukan dengan metode sidang pada umumnya. Terdapat agenda sidang komisi dan sidang pleno. Masing-masing peserta dibagi menjadi komisi-komisi kemudian membahas masing-masing agenda sidang. Kemdian, ketika sidang komisi berakhir dilanjutkan melalui sidang pleno sehingga seluruh pembahasan dapat diselesaikan dan memperoleh hasil kesepakatan bersama.

Berdasarkan keseluruhan rangkaian kegiatan musyawarah ini maka diperoleh hasil berupa terwujudnya dokumen AD, ART, GBHO, dan Rekomendasi sebagai acuan kepengurusan periode berikutnya (2019-2019). Selain itu, pasca musyawarah mahasiswa ini juga dilanjutkan dengan pemilihan pengurus baru HMPS Pendidikan Geografi Periode 2019-2020. Mengacu pada hasil kegiatan musyawarah mahasiswa ini maka besar harapan agar di tahun berikutnya pengurus HMPS Pendidikan Geografi yang baru (periode 2019-2020) dapat membawa kemajuan dan prestasi yang lebih baik lagi, sehingga secara tidak langsung dapat membawa nama baik program studi pendidikan geografi maupun institusi Universitas Hamzanwadi.



« MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI LULUS SELEKSI PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) DIKTI 2019

Berita Terkait

Ke Atas